Senin, 11 Februari 2013

Romeo-Juliet Brebes Masih Terkubur Longsor



BREBES – Tak terlintas dalam firasat Lia, 13 tahun, bahwa kakek dan neneknya benar-benar akan meninggalkan dia untuk selamanya. Tanah longsor yang terjadi Rabu (6/2) telah merenggut nyawa Sumi, 60 tahun, dan Kasrap, 70 tahun. Hingg kini jenazah kakek-nenek Lia itu masih belum bisa ditemukan.


“Mereka seperti Romeo dan Juliet, ke mana-mana selalu bersama,” kata Lia, Minggu (10/2).

Lia berkisah, kakek-nenaknya itu selalu pergi ke ladang di lembah bukit Wadas Gantung Desa Plompong Kecamatan Sirampog Brebes, bersama-sama. Bukit setinggi 150 meter itu pada Rabu lalu luruh mengubur lima orang, satu diantaranya sudah ditemukan.

Letak ladang jagung yang digarap Kasrap sekitar 50 meter dari tebing. Kini ladang itu sudah tak berbekas, terkubur sedalam empat meter.

Sehari sebelum longsor, kata Lia, kakeknya bercerita kalau ia ingin hidup dan mati bersama istrinya itu. Sambil bercanda, Kasrap berharap selalu ditemani Sumi hingga ajal memisahkan mereka.


Janiyah, 35 tahun, tetangga Kasrap mengatakan, Kasrap-Sumi merupakan dua sejoli yang tak bisa dipisahkan. “Mbah Kasrap nda mau makan kalau tidak makan bareng Mbok Sumi,” katanya.

Pernah suatu ketika, kata Janiyah, Kasrap dikirimi nasi dan lauk pauk oleh anaknya. Kasrap menolak makan karena masakan itu bukan istrinya yang membuat. Ia baru mau makan saat istrinya datang membawakan makanan untuknya.

Jika sedang sakit, kata dia, Kasrap rela tidak pergi ke ladang hanya untuk menunggui istrinya itu. “Di mana ada Mbah Kasrap, di situ ada Mbok Sumi,” kata Janiyah.

Pencarian jenazah keduanya hingga kini masih dilakukan. “Tapi hari ini dihentikan dulu karena hujan deras,” kata Kepala Desa Plompong, Nasuha.

Selain Kasrap dan Sumi, kata dia, dua jenazah lainnya yakni Radun dan Sutar hingga kini belum ditemukan. Nasuha mengatakan, pencarian akan dilanjutkan kembali pada Senin besok.

2 komentar:

  1. nice artikel mas aris :)

    BalasHapus
  2. terima kasih...kemarin pencarian dihentikan, mereka tak bisa disatukan....

    BalasHapus