Rabu, 13 Maret 2013

Jauh, Wisata Dieng Aman dari Gas Beracun


BANJARNEGARA – Wisatawan diimbau untuk tidak khawatir dengan peningkatan aktifitas Kawah Timbang di Desa Sumberejo Batur Banjarnegara. Jarak antara obyek wisata Dieng dengan kawah cukup jauh, mencapai 17 kilometer.

“Jarak kawasan wisata dengan pusat semburan gas cukup jauh,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Aziz Achmad, Rabu (13/3).

Ia mengatakan, wisatawan dijamin aman saat mengunjungi wisata Dieng. Apalagi, kata dia, pada Juni nanti akan digelar Dieng Culture Festival di kawasan wisata itu. Festival ini digelar setiap tahun untuk mencukur rambut gimbal anak-anak Dieng.

Kekhawatiran menurunnya jumlah wisatawan juga disuarakan oleh Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno. “Terutama penyebutan Gunung Api Dieng, kesannya semua kawasan Dieng berbahaya padahal kan jauh,” kata dia.

Menurut dia, penamaan Gunung Api Dieng tak relevan dikaitkan dengan semburan gas beracun dari Kawah Timbang. Dia mengatakan, saat ini di Dataran Tinggi Dieng tak ada Gunung Dieng. Menurutnya, di Dieng yang ada adalah kawasan perbukitan.

Ia menegaskan, pusat keluarnya gas di Kawah Timbang jauh dari semua objek wisata di Dataran Tinggi Dieng. Kata dia, objek wisata tersebut aman dikunjungi wisatawan. “Pengalaman 2011 membuktikan penyebutan yang salah bisa berakibat pada penurunan jumlah wisatawan hingga 80 persen,” kata dia menambahkan.

0 komentar:

Posting Komentar