Rabu, 06 Maret 2013

Korupsi Unsoed, Civitas Akademika Diminta Jangan Tiarap



PURWOKERTO – Sejumlah aktifis Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto menggelar aksi diam di depan patung Jenderal Soedirman. Mereka menuntut dosen, karyawan dan senat universitas untuk segera menyikapi sejumlah kasus yang sedang membelit Unsoed termasuk kasus korupsi yang saat ini sedang ditangani Kejaksaan Negeri Purwokerto.

“Kami mendesak agar senat fakultas dan universitas segera bersikap, jangan biarkan masalah berlarut-larut,” kata Presiden BEM Fisip Unsoed, Fica Adi Nugraha, Rabu (6/3).

Ia mengatakan, tuntutan mahasiswa sudah sangat jelas. Mereka meminta agar kejaksaan bisa menyelesaikan kasus korupsi di Unsoed hingga akar-akarnya.

Bertele-telanya penyelesaian kasus ini, kata dia, bisa menghambat pembicaraan nominal Uang Kuliah Tunggal. Padahal, nominal uang kuliah itu saat ini sedang ditunggu-tunggu mahasiswa.

Koordinator Aksi, Pendy Widjanarko menambahkan, Kementerian Pendidikan harus segera turun tangan untuk menyelesaikan kasus di Unsoed. “Gerakan bersih-bersih dari kasus korupsi di Unsoed harus didukung semua pihak,” katanya.

Ia mengaku kecewa dengan sikap tiarap dosen dan guru besar menyikapi masalah ini. Mereka, kata dia, dinilai mencari aman dan tak mau ambil resiko untuk ikut membersihkan kampus dari perilaku koruptif.

Ia berharap, Inspektorat Jenderal Kemendikbud, Haryono Umar, yang saat ini sedang menelisik dugaan kasus korupsi di Unsoed segera mengambil tindakan tegas.  “Manajemen keuangan di Unsoed sangat tidak efisien dan transparan, semoga Irjen bisa memperbaikinya,” kata dia menegaskan.

Haryono Umar sendiri mengatakan, dia bersama timnya khusus mendatangi Unsoed untuk mengaudit sistem keuangan di Unsoed. “Pemberitaan soal kasus korupsi di Unsoed yang membuat kami datang ke sini,” katanya.

Ia sendiri mengaku diperintah Menteri Pendidikan Muhamad Nuh untuk mengaudit sistem akuntansi di Unsoed. Ia datang bersama tiga orang lainnya dan akan berada di Unsoed selama dua hari.


0 komentar:

Posting Komentar